kayukubeni’s blog

harga Lantai vinyl Motif kayu, harga Lantai Kayu, lantai kayu vinyl

bagaimana membedakan kualitas kayu Jati?

Kayu Jati dalam bahasa Inggris disebut dengan wood Teak ini memang sangat banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan pertukangan kayu baik untuk furniture, untuk kusen, kontruksi atau juga sebagai lantai kayu.

Harus anda ketahui bahwa kayu Jati berbeda dari jenis kayu Lain. Selain karena kualitas dari kayu Jati serta corak yang benar-benar bagus, Kayu jati juga memiliki satu keunikan Lain. Yaitu pada satu batang kayu Jati saja, kita bisa menemukan tingkatan-tingkatan nilai kekerasan kayu.

Oleh sebab itu, untuk menghindari kena tipu atau setidaknya menambah pengetahuan bagi anda, kali ini Kami selaku perusahaan penyedia lantai kayu parquet (info Toko lanatai kayu : 081214281175) akan membahas bagaimana membedakan kualitas kayu Jati.

Pada satu batang pohon Jati, terdapat 3 kelas kualitas kayu Jati. yaitu grade A, Grade B dan Grade C.

kayu Jati Grade A

kayu Jati Grade A berada dibagian tengah batang pohon Jati, dekat hati atau pusat batang pohon Jati. pada bagian ini serat sangat rapat dan rapih. pada bagian ini juga terdapat produksi minyak yang mampu melindungi kayu Jati dari pertumbuhan jamur serta seranganr rayap.

pada bagian ini, kayu Jati yang diproduksi lebih sering ditemui berwarna coklat kekuningan, atau jika berwarna paling gelap diantara kayu jati lain. secara kualitas kayu Jati kelas A ini paling baik dan paling bisa diandalkan

Kayu Jati Grade B

Kayu Jati grade B berapa pada bagian tengah batang Pohon Jati. berapa diantara pusat batang kayu Jati dan bagian luar batang Jati. pada bagian ini serat masih cukup rapat dan rapih. Pada bagian ini juga masih terdapat minyak pelumas meskipun produksi tidak sebanyak pada bagian kayu Jati Grade A.

Pada bagian ini, warna kayu Jati Masih coklat kekuningan. namun bila dibandingkan dengan grade A kayu kelas B ini lebih terang. secara kualitas kayu ini masih bisa diandalkan.

Kayu Jati Grade C

Kayu Jati Grade C berapa pada bagian terluar batang pohon jati. dekat dengan kulit pohon Jati. pada bagian ini serat sudah mulai kurang padat dan tidak beraturan. pada bagian ini juga sudah tidak minyak pelumas sehingga rawan terkena serangan rayap.

pada bagian ini, warna kayu jati putih kekuningan, warnanya paling terang diantara kelas lain. secara kualitas memang kayu Jati grade C ini tidak sebaik kayu jati grade B atau Grade A. namun sejelek-jeleknya kayu jati, tetap Kayu Jati yang lebih bagus dibanding dengan  kayu lain.

semoga dengan adanya perbandingan kualitas ini anda dapat terhindar dari tindakan manupulasi harga. karena pada umumnya, kayu jati Grade C harganya harus lebih murah dibanding dengan kayu jati Grade A atau Grade B begitupun sebaliknya.

f:id:kayukubeni:20171018183932j:plain

gambat by rajawali parquet

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat